Kamis, 17 Maret 2011

Jenis Malware dan Cara Mengatasi Malware

Pernahkah anda mempelajari jenis jenis malware? dan apakah anda pernah mengalami kejadian yang menyangkut tentang malware? mungkin secara tidak langsung komputer anda pasti sudah pernah terinfeksi oleh malware sebab itu saya ingin memberikan informasi tentang Jenis Malware dan Cara Mengatasi Malware. mungkin banyak yang tidak tau apa itu malware? dan apa sih jenis jenis malware..? hem.. inilah saatnya anda harus mengetahuinya. karena kalau tidak semuanya akan menjadi fatal. kenapa? karena ada salah satu jenis malware yang bisa mengirimkan data anda kepada si pembuat atau pemakai malware tersebut. hiiii serem ya.. data2 penting kita di curi orang:(


malware, berasal dari lakuran kata malicious dan software, adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin termaklum (informed consent) dari pemilik. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik.[1] Istilah ‘virus computer’ terkadang dipakai sebagai frasa pemikat (catch phrase) untuk mencakup semua jenis perangkat perusak, termasuk virus murni (true virus). kemudian untuk jenis jenis malware berikut saya jabarkan di bawah ini :
Browser Helper Object
Browser Helper Object (BHO) adalah pembajak yang menampilkan link pada toolbar. Umumnya BHO melakukan kegiatan mata-mata untuk mencatat kegiatan netter atau pengguna internet, disamping tampilan browser Anda ditambahkan toolbar khusus.
Dialer
jenis malware Dialer merugikan kita dari sisi ekonomi. Malware ini memasukkan fungsi otomatis untuk koneksi internet, bahkan secara diam-diam program dapat aktif sendiri. efeknya adalah tagihan koneksi internet Anda mendadak membengkak.
Adware
Adware adalah iklan yang dimasukkan secara tersembunyi oleh pembuat program. Biasanya program tersebut diberikan gratis, tentunya di berikan gratis karena ada maksud lain yaitu pemakai harus menerima iklan dalam program.
Browser Hijackers
Browser Hijackers bekerja pada Browser Anda dengan cara memasukkan link tertentu, dan memaksa Anda masuk pada sebuah situs tertentu walaupun telah sekuat tenaga menuliskan alamat situs dengan benar.
Drive-by Downloads
Bajingan satu ini melakukan instalasi program tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Sepertinya program ini memanfaatkan hole (lubang) pada IE.
Homepage Hijacking
Hampir mirip dengan Browser Hijackers, malware jenis ini mengganti alamat homepage pada default browser dan tidak dapat diubah walaupun Anda sudah melakukan setting ulang. Malware begini ini paling banyak dibuat. Benar-benar bikin repot.
Keylogger
Keylogger merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Sebuah keylogger biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log/catatan/rekaman. Beberapa keylogger tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik.
Retrospies
Ini sejenis program yang berdaya guna mematikan anti spyware.
Scumware
Program yang tidak diinginkan dan masuk ke komputer tanpa ijin.
Search Hijackers
Sama dengan malware ber-genre hijackers, kali ini sasarannya search engine pada browser. Bila salah menulis alamat, program biasanya menampilkan begitu banyak pop up iklan yang tidak karuan.
Surveillance Software
Inilah jenis malware yang sangat berbahaya. Iblis ini mencatat kegiatan pada sebuah komputer termasuk data penting, password dan lainnya. Program ini termasuk cerdas juga, karena data baru akan terkirim bila sang korban selesai melakukan aktivitas berinternet.
Thiefware
Jenis malware ini mengarahkan pengunjung situs dan mengarahkan ke situs lain yang mereka kehendaki. Meski cara tersebut tidak dilarang, namun sangat mengganggu dan sangat kasar.
Trojan Horse
Selain dianggap virus, Trojan Horse banyak berfungsi sebagai malware. Fungsinya biasanya untuk mengontrol komputer yang terinfeksi.
(sumber : wikimu.com)
kemudian cara mengatasi malware adalah dengan memberikan antivirus yang mempunyai anti spyware, ini berguna untuk mencegah datangnya malware ke komputer kita, tapi jangan salah.. karena tidak semua antivirus memberikan layanan untuk anti spyware. makanya anda harus mencari antivirus terbaik dan mempunyai layanan anti spyware. lakukan scan pada komputer anda untuk mengetahui apakah komputer anda terinfeksi oleh malware. untuk pencegahan anda jangan membuka situs2 ga jelas seperti porno, software gratis dll, kalaupun terpaksa anda harus berhati2. ok semoga bermanfaat artikel ini



:-)
referensi www.ngajari.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar