Rabu, 06 April 2011

Penyebab Komputer Menjadi Lambat

 
Salah satu hal yang membuat saya frustasi adalah bekerja dengan komputer yang lambat, lelet atau lemot. Tak peduli berapa mahal harga komputer tersebut jika sudah sangat lambat tentulah mengganggu dalam kerja. Biasanya bukan masalah hardware komputer tersebut yang membuat peforma komputer jadi kurang cepat, ada 2 faktor penyebabnya yaitu.

1 Error pada Registry
Setiap kali kita menjalankan aplikasi di komputer entah itu game atau yg lainnya maka registry pada software atau aplikasi tersebut di update dengan perintah-perintah baru yang dibutuhkan agar aplikasi tersebut dapat dijalankan. Normalnya sebuah entry atau key pada registry yang sudah tidak digunakan (program diuninstall atau program ditutup/nonaktifkan) secara otomatis akan dihapus, namun kadangkala ada beberapa key tersebut yang masih ada di registry sehingga menyebabkan registry holes. Setelah beberapa waktu registry yang telah rusak, invalid entries, dan registry holes terakumulasi di registry akan menyebabkan kerusakan seperti registry corupt, sehingga kita tidak bisa menjalankan sebuah aplikasi atau mu8ncul pesan error terus menerus.

Setiap kali kita browsing di internet, download, install uninstall program maka akan meninggalkan sampah diregistry jika tidak dibersihkan secara intensif maka akan menyebabkan registry error.
2 Virus, Spyware, dan Trojan
Virus, Spyware dan trojan pada dasarnya adalah sebuah software yang berjalan secara tersembunyi. Program program ini oleh para pembuatnya mempunyai beberapa tujuan seperti mencuri informasi pribadi, menjalankan email program pada komputer korban untuk spamming, merekam browsing history untuk tujuan iklan atau sekedar iseng untuk merusak komputer korban.
Untuk mengatasinya selalu bersihkan registry dengan software software yang banyak tersedia di internet. Pasang antivirus dan hati-hati jika ingin mendownload atau meninstall program, hapus software atau aplikasi yang tidak diperlukan.

referensi : yo-yanto.co.cc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar